Thursday, October 19, 2017
Home > Pesona Wisata Indonesia > Tempat Wisata Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Sudah sejauh mana anda mengeksplor negara ini? Anda lebih suka mana jika liburan ke luar negeri atau berkeliling di negara sendiri? Dari ujung barat Indonesia yaitu Sabang hingga ujung timur yaitu Merauke, negara Indonesia adalah bagaikan sebuah hamparan permadani dengan sejuta keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari bawah laut sampai puncak gunung, tetaplah Indonesia adalah juaranya. Apakah anda penyuka pantai? Di Indonesia, jumlahnya berderet dan banyak sekali baik pantai utara atau pantai selatan yang tak akan habis jika anda jelajahi semuanya. Apakah anda penyuka kegiatan mendaki gunung? Jumlah daftar pegunungan yang ada di Indonesia telah menunggu anda untuk segera di daki. Tak hanya sekedar kekayaan alamnya yang melimpah, namun keragaman budaya di Indonesia pun sangat banyak. Di setiap daerah Indonesia pasti memiliki ciri khas budaya masing – masing, dan ini menjadikan negeri ini semakin berwarna. Apakah anda masih ragu akan kekayaan yang ada di negeri sendiri? Berikut saya akan memberikan sedikit ulasan tentang tempat wisata yang ada di Indonesia yang wajib anda kunjungi.

1. Danau Toba

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Danau toba adalah danau yang terbesar di Indonesia dan sekaligus terbesar di Asia Tenggara. Danau ini memiliki panjangnya bisa mencapai 100 km dan lebarnya 30 km. Danau ini terbentuk atas letusan gunung dan menghasilkan sebuah kaldera, lalu kaldera tersebut terisi air. Kedalaman danau ini bisa mencapai 450 meter. Letak danau ini berada di provinsi Sumatra Utara. Danau ini memiliki keunikan sendiri, yaitu di tengah – tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir.

Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir. Karena luas dari Pulau Samosir ini sendiri seluas negara Singapura, karena saking luasnya tidak memakan waktu sedikit untuk meng – eksplor pulau ini. Pulau ini di huni oleh Suku Batak Kuno, yang memiliki budaya yang alami, kental, dan tradisionalnya masih kuat. Pulau ini cocok anda kunjungi jika anda ingin melepaskan rasa penat dari perkotaan.

2. Gunung Bromo

Di posisi kedua ada gunung yang berada di Pulau Jawa dan tepatnya di provinsi Jawa Timur yaitu Gunung Bromo. Gunung ini terletak di empat wilayah sekaligus yakni Kab. Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Ketinggian dari gunung ini sendiri adalh 2329 mdpl. Gunung ini masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Tempat ini adalah menjadi salah satu objek wisata utama yang ada di Jawa Timur karena keunikannya yaitu gunung berapi yang masih aktif. Gunung ini adalah gunung favorit bagi para pendaki, karena adanya padang savana atau bukit teletubbies, kawahnya, panorama kaldera wedi atau padang pasir, fenomena sunrisenya yang eksotis, dan Suku Tenggernya yang terkenal.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur ini merupakan candi Budha yang terbesar di Indonesia bahkan dunia. Tempat ini telah di tetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Candi ini sempat terpendam oleh abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, hingga pada tahun 1814 candi ini ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffless.

Bagunan ini diperkirakan dibagun pada tahun 824. Bangunannya sendiri tersusun dari balok vulkanik dan membentuk arca budha berjumlah 504, stupa dengan jumlah 72, dan stupa induk yang ada di puncak candi. Candi ini memiliki mitos tersendiri yaitu jika anda memasukan tangan kedalam lubang stupa dan berhasil menyentuh arca, maka keinginan anda bisa terkabulkan. Disini juga menjual beragam souvenir seperti kaos, gantungan kunci, kipas kertas, sampai candi borobudur dalam bentuk miniatur.

Setiap perayaan Waisak, banyak orang umat budha dari penjuru dunia seperti dari Tibet dan Thailand berkumpul disini. Yang paling dinikmati oleh wisatawan dalm acara ini adalah waktu pelepasan balon lampion ke udara bersama dengan doa dan harapan satu tahun kedepan.

4. Tana Toraja

Tana Toraja adalah sebuah tempt yang memiliki keindahan alam yang luar biasa mulai dari deretan hijaunya pegunungan dan perbukitan. Tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, namun disini juga memiliki kebudayaan leluhur yang masih kental yang sampai saat ini masih dipertahankan.

Contoh budaya yang ada disini masih dipertahankan dan dijalankan hingga saat ini adalah “Rambu Solo”. Itu adalah sebuah upacara adat pemakaman di Tana Toraja. Uniknya adalah upacara pemakaman ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan biaya yang tidak sedikit, bahkan biayanya bisa menjadi sebuah upacara pemakaman yang termahal di Indonesia atau bahkan di dunia.

5. Taman Laut Bunaken

Tempat ini adalah termasuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO dan ditetapkan pada tahun 2005. Hal ini dikarenakan kekayaan dan biota lautnya luar biasa mulai dari terumbu karang, rumput laut, sampai spesies ikan pun ada semua.

Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik maupun mancanegara. Selain menyelam dan bersentuhan langsung dengan ikan-ikan di sini, Anda juga bisa menyelam bersama kapal selam yang telah disediakan. Kapal ini memiliki dinding kaca transparan untuk memudahkan Anda melihat pemandangan bawah laut Taman Laut Bunaken tanpa terkena air dan basah.