Thursday, October 19, 2017
Home > Blog > Beberapa Tips Sebelum Liburan ke Air Terjun

Beberapa Tips Sebelum Liburan ke Air Terjun

Liburan memang menjadi kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari yang muda,tua, hingga anak – anak. Salah satu tujuan keluarga ataupun individu adalah suasana liburan yang membuat fikiran tenang dan rileks. Lantas kemana liburan yang tepat untuk keluarga ? wisata air terjun merupakan salah satu opsi liburan dengan keluarga yang menyuguhkan pemandangan dan suasana yang segar.

Selain menikmati segarnya air, liburan menuju air terjun bisa membuat kita bisa menikmati hijaunya alam khas air terjun. Air terjun sendiri memiliki arti yakni jatuhnya sebuah aru air yang terpecah oleh bebatuan dan jatuh ke bawah dari ketinggian yang bermacam – macam. Area air terjun biasanya dapat kita temui di daerah pegunungan, ini karena terjadi erosi pada kulit bumi yang membuat air jatuh dari ketinggian. Berikut adalah beberapa tips sebelum berlibur ke air terjun supaya aman dan nyaman :

 

1. Cari Tau Lokasi Air Terjun

Tips berlibur ke air terjun yang pertama adalah dengan melihat letak air terjun di internet, dalam artian kita harus mencari tau lokasi air terju. Baik jauh lokasi dari rumah, dimana letaknya, aksesnya seperti apa, tiket masuk berapa, dan masih banyak lagi. Usahakan dapatkan informasi lengkap air terjun yang akan kita kunjungi nantinya, karena jika tidak lengkap anda pasti akan kebingungan untuk menuju air terjun tersebut. Untuk mencari tau lokasi air terjun carilah di internet atau yang biasa disebut mbah google.

2. Gunakan Sandal atau Sepatu Anti Selip

Untuk menuju air terjun gunakanlah peralatan yang tepat untuk melangkah ke air terjun, jika memang air terjun berjarak cukup jauh dari parkiran. Pakailah sandal khusus ataupun sepatu yang tertutup yang pastinya anti selip ketika kita sedang berjalan menyusuri air terjun yang biasanya sangat licin dan melewati bebatuan. Menggunakan sandal khusus maupun sepatu membuat resiko luka karena terpeleset atau terkena bebatuan yang licin akan sedikit atau meminimalisir.

3. Berhati – hati Saat Sedang Berada di Air Terjun

Sesampai anda di air terjun, pastinya membuat perasaan senang anda meningkat karena bisa melihat air terjun segar nan tinggi yang berada di depan anda dan bisa bermain air dan berenang di air terjun. Namun hal ini biasanya melupakan anda untuk menjaga keselamatan selama berada di air terjun. Sebaiknya hindari bermain air di bawah guyuran air terjun, karena kita semua tidak tau benda apa yang terbawa di aliran air terjun. Bisa jadi benda – benda yang dapat membahayakan keselematan kita.

4. Berhenti Bermain Air Jika Terjadi Hujan

Bermain air dibawah guyuran air terjun memang sangat menyenangkan, namun menjadi berbahaya jika terjadi turun hujan. Ini berakibat debit air terjun akan menjadi sangat deras dan menimbulkan banjir, maka dari itu jika mulai turun hujan usahakan menjauh dari air terjun atau menyudahi aktivitas berenang di ar terjun.

5. Bawalah Pakaian Ganti Hangat

Jika kita selesai berenang di air terjun pasti kita akan segera mungkin membilas diri maupun mandi di toilet yang sudah disediakan. Usahakan bawalah pakaian ganti hangat dari rumah, kenapa demikian, ini karena biasanya iklim air terjun biasanya sangat dingin karena kebanyakan berada di daerah pegunungan. Dengan memakai baju ganti hangat, maka suhu tubuh kita akan terasa lebih hangat dan bisa pulang tanpa harus takut kedinginan.

Artikel diatas merupakan beberapa tips agar kita selalu mendapat rasa aman jika kita berkunjung ke air terjun. Namun sekedar saran, jika musim saat ini adalah musim hujan, maka usahakan untuk tidak berenang atau bermain lama – lama di dekat air terjun. Karena ini akan membahayakan diri kita jika seandainya terjadi banjir mendadak. Dan satu lagi, jangan lupa berdo’a sebelum bepergian dan ibadah tepat waktu yaa. Selamat bermain air..