Thursday, October 19, 2017
Home > Blog > Tips Travelling Rame Rame

Tips Travelling Rame Rame

Travelling, acara satu ini memang menjadi salah satu agenda tahunan, bulanan, bahkan mingguan pun tetap ada yang mengagendakan untuk travelling. Tujuan dari travelling sendiri adalah sebagai penghibur rasa bosan atau suntuk yang melanda diri masing – masing orang yang memiliki kesibukan bekerja, kuliah, sekolah dan lain lain. Travelling bisa dilakukan sendiri, bersama keluarga, atau rame rame bersama rombongan komunitas atau teman sebaya. Lantas jika travelling bagaimanakah tips yang sangat membantu anda agar semua berjalan dengan lancar dan menyenangkan? Travelling memang tidak bisa kita atur sendiri, apalagi jika bersama rombongan, harus ada koordinasi supaya travelling anda rapi dan lancar sampai selesai. Nah, berikut ini kami ada beberapa tips travelling rame rame yang tidak hanya di aplikasikan saat naik gunung atau mendaki, ketika travelling ke kota atau touring bersama pun bisa memakai tips ini, berikut ini tips nya :

1. Koordinasi Sebelum Berangkat

Tips yang harus di perhatikan pertama adalah dengan koordinasi kepada semua crew atau anggota yang akan mengikuti travelling sama – sama. Jika travelling rame – rame memang harus di koordinasikan, contohnya kumpul dimana, jam berapa akan kumpul, pergi dengan siapa, bernagkat naik apa, dan barang apa saja yang wajib dibawa dan tidk wajib dibawa. Semua harus terkoordinir, kalupun bisa ada yang bagian mencatat semua agenda, dan kalau bisa semua mencatat, agar travelling rame – rame nantinya akan berjalan dengan lancar.

2. Menentukan Leader atau Ketua Tim

Jika anda akan travelling rame – rame, maka yang anda harus perhatikan selanjutnya adalah pemimpin atau leader di grup kalian. Leader ini nanti bertugas sebagai pemimpin yang bisa membimbing dan memberi pengarahan ketika travelling. Leader sendiri harus bersifat tegas, dapat dipercaya, selalu bilang yang benar, dan tentunya tanggung jawab. Untuk memilih leader sebaiknya adalah orang yang paham tentang tempat wisata yang akan dikunjungi agar bisa paham medan dan bisa memberi solusi saat terjadi apa – apa di tempat wisata.

3. Tetap Berkelompok

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah tetaplah berkelompok jika menang keadaan memaksa anda untuk terpisah dari rombongan lain, entah kecapek an ataupun masalah maslaah lainnya. Tentukan kelompok minim 2 atau 4 orang yang anggotanya harus ada laki – laki nya. Karena rata -rata fisik wanita lebih lemah dari laki – laki, ini bertujuan untuk saling melindungi satu sama lain. Kecuali jika wanita tersebut memiliki fisik yang lebih kuat, namun apapun itu kita harus tetap berkelompok dan jangan memisahkan diri atau menyendiri dari kelompok lainnya.

4. Update Situasi Terkini

Tips selanjutnya jika travelling sama sama adalah dengan selalu mengupdate situasi yang berada di lapangan atau situasi terkini, jika memang ada anggota yang memisahkan diri entah itu ke toilet, membeli sesuatu atau lainnya, usahakan hubungi anggota yang terpisah dengan telfon, sms atau bisa juga dengan membuat grup di aplikasi obrolan Whatsapp, BBM atau lainnya. Dengan adanya obrolan grup tersebut, maka baik anggota yang terpisah maupun leader kelompok bisa update situasi terkini dengan mengirim foto atau memberi keterangan di obrolan tersebut.

5. Kurangi Banyak Bicara dan Membawa Barang Secukupnya

Ketika anda sedang travelling rame – rame, maka jangan terlalu banyak bicara atau ngobrol tidak jelas dan melalaikan instruksi yang disampaikan oleh leader dari anggota. Kurangi banyak bicara saat pengarahan sedang berlangsung, agar nantinya kita akan paham dengan apa yang disampaikan oleh leader atau anggota lain. Dan satu lagi, bawalah barang – barang secukupnya dari rumah supaya tidak meberatkan anda saat perjalanan, entah itu fisik yang terkuras, atau mendadak badan tidak fit.

 

Artikel diatas merupakan sedikit dari tips – tips jika kita akan bepergian atau travelling rame – rame. Intinya kita semua harus kompak, bisa diatur dan saling membantu satu sama lain agar travelling bersama rombongan yang banyak akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Satu lagi, jangan lupa untuk selalu berdo’a dan ibadah tepat waktu ya kawan. Karena semua kembali pada yang maha kuasa. Selamat travelling rame – rame …